Manajemen Bisnis (S1)

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dewasa ini, telah merubah peta persaingan usaha. Mereka yang mampu memadukan strategi bisnisnya dengan teknologilah yang akan memenangkan persaingan. Sebagi perguruan tinggi teknologi, ITS mempunyai visi untuk berkontribusi pada perekonomian bangsa melalui pengembangan bisnis berbasis teknologi. Menjadikan teknologi menjadi produk yang bisa dipasarkan dan berdaya saing tinggi tentu memerlukan perencanaan strategi bisnis yang efektif dan efisien. Untuk itulah sejak tahun 2011, ITS membuka program sarjana Manajemen Bisnis.

Program Sarjana Manajemen Bisnis ITS bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu berkarier didunia bisnis sebagai Entrepreneur ataupun sebagai profesional bisnis dengan jiwa dan semangat inovasi dan entrepreneurship. Untuk itu, program sarjana manajemen bisnis dirancang untuk memberikan skill dan pengetahuan yang penting dalam mengelola bisnis di era persaingan berbasis teknologi dewasa ini. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan keterampilan komunikasi dan pemahaman manajerial didalam mengelola inovasi teknologi yang tepat guna bagi pengembangan masyarakat indonesia.

 Metode Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning & Lab Based Education memberikan pengalaman yang unik pada mahasiswa tetang kondisi nyata didalam menjalankan usaha dan pengambilan keputusan kritis. Pembelajaran dilakukan melalui kombinasi kuliah konvensional dikelas, tutorial, praktek lapangan dan studi kasus membuat mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi dapat menerapkan teori kedalam problem nyata.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Keterampilan umum :

  1. Mampu melakukan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis dan informasi yang akurat
  2. Mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional suatu organisasi
  3. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengendalikan sumber daya bisnis
  4. Bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Memahami konsep dan teori manajemen bisnis
  2. Memahami konsep dan teori manajemen pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan
  3. Memahami konsep dan teknik-teknik pemecahan masalah bisnis
  4. Memahami konsep dan teori tanggung jawab bisnis terhadap sosial dan lingkungan

Sikap dan Tata Nilai :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu mengelola dan menjalankan bisnis baik bisnis baru (startup) maupun yang sudah berjalan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen bisnis, tanggung jawab sosial dan keberlanjutan
  2. Mampu bekerja pada bidang pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan pada sektor swasta maupun pemerintahan
  3. Mampu melakukan analisa dan pemecahan masalah bisnis menggunakan metode ilmiah dan prinsip-prinsip manajemen
  4. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen
  5. Mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan memformulasikan dalam rencana bisnis yang komprehensif
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan dan tertulis, dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi.

Kurikulum

Kurikulum program manajemen bisnis dirancang dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa dalam berbagai sektor bisnis, problem solving skills dan kemampuan beradaptasi terhadap dinamika bisnis yang cepat. ITS memakai pengelolaan Mata Kuliah dengan memakai Lab Based untuk menjamin setiap Mata Kuliah yang ada selalu mengikuti perkembangan terkini dalam ranah ilmu pengetahuan. Secara umum kurikulum disusun sebagai berikut:

Tahun 1
  • Pengantar Manajemen Bisnis
  • Ekonomi Mikro
  • Pengantar Akuntansi
  • Matematika Bisnis
  • Metode Kuantitatif Bisnis
  • Ekonomi Makro
  • Akuntansi Finansial
  • Wawasan dan Aplikasi Teknologi
  • Statistik dan Komputasi Bisnis
Tahun 2
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Keuangan
  • Akuntansi Manajerial
  • Penciptaan Usaha Baru
  • Manajemen Proyek
  • Perilaku Konsumen
  • Capital Budgeting
  • Disain dan Perilaku Organisasi
  • Manajemen Mutu
  • Komunikasi Bisnis

 

Tahun 3
  • Sistem Informasi Bisnis
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Perpajakan
  • Kewirausahaan Sosial
  • Manajemen Usaha Kecil
  • Bisnis Internasional
  • Manajemen Risiko
  • Technopreneurship
  • Analisa Model E-Business
  • Riset Pemasaran
  • Hukum dan Etika Bisnis
Tahun 4
  • Inovasi dan Manajemen Produk
  • Magang/Kerja Praktek
  • Metode Penelitian Untuk Bisnis
  • Manajemen Kinerja
  • Manajemen Strategis
  • Seminar
  • Pilihan 1
  • Pilihan 2
  • Pilihan 3
  • Pilihan 4
  • Skripsi

Registration for : Manajemen Bisnis (S1)

Share This Course